Sabtu, 02 Februari 2013

Cerita Ranah Minang

Ditinggal Anak Merantau

Disuatu desa di Ranah Minang, sepasang suami isteri lansia memasuki kamar untuk tidur. Anak-anak mereka sudah besar-besar dan merantau semua, sehingga mereka tinggal berdua saja.

Waktu memasuki kamar, Si Nenek mengetahui bahwa ada seorang pencuri yang bersembunyi dibawah kolong tempat tidur. Pasangan lansia tersebut takut tapi tidak berani berteriak.

Untunglah Si Nenek mendapat akal. Beliau berbicara kepada Si Kakek.

"Aduh Kek, saya teringat kepada anak-anak kita. Biasanya habis magrib mereka belum juga pulang bermain sehingga kita terpaksa berteriak-teriak memanggil mereka..."

"Bagaimana Nenek berteriak?"

Dengan suara keras Si Nenek berteriak:

"O Badu..Ooi, . O Atai..Ooi., dimana kalian??, Datanglah sgera kemari..., emak membutuhkan kalian..."

Panggian itu diulang-ulang oleh Si Nenek, sehingga mengejutkan dua tetangga mereka yang memang anggota polisi dan bernama Pak Badu dan Pak Atai. Kedua tetangga tersebut datang, dan tentu saja pencuri yang bersembunyi dibawah kolong tempat tidur dapat ditangkap.
Sent by: Rajo Endah posted on 25 January 2013

Kolam dan Tobek

Pada suatu katiko,Buyuang pulang dari sawah alah agak laruik malam,jalan manuju rumah iyo agak kalam saketek,singkek carito pulanglah Buyuang sambil banyanyi-nyanyi kutang barendo panghilang raso cameh dek pulang surang sajo hari tu..

Tibo dijalan satapak, Buyuang indak lalu ditampek biaso yang inyo lewati dek lah malam bana hari tu. Biaso ambiak jalan kanan, babeloklah inyo kakiri, sadang lamak bajalan basobok lah si Buyuang dengan si Paijo urang Jawa nan tu..

Mancaliak si Buyuang barantilah si Paijo dengan baju agak kumuah saketek.

Dengan percaya diri,disaponyolah si Buyuang tadi.. "Mas, awas hati-hati didepan kolam", kecek si Paijo lo ka si Buyuang..

"Apo,kolam..?" Kecek waang aden takuik jo kolam..? "Alun tau waang sia aden lai..." kecek si Buyuang lo..

"Mari mas", Paijo sambil tersenyum kedian pergi..

"Heh..itu sajo takuik pulo", .. si Buyuang sambil maumpek-umpek dihati terus berjalan...

Tak lama kemudian...

Bruuu..kkkk.....Gedubrak..Byur... Masuaklah si Buyuang tadi kadalam kolam...

Mandanga si Buyuang jatuah, babaliaklah si Paijo tadi.. "Wealah piye toh Mas...tadi tak omongin didepan ada kolam..ga mau denger.. " ujar Paijo kepada Buyuang

"Eh, kurang aja waang ko, kecekan lah tadi ado Tobek dimuko..."

Paijo : #^%$%^*((...@#..?????
Sent by: reno intan posted on 02 January 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar